Timing Smash Bola Voli yang Benar Agar dapat Melakukan Spike Sempurna

Timing bola voli merupakan istilah dalam bola voli yang sering kita dengar sehari-hari karena bola voli tidak bisa lepas dari teknik ini. Timing bola voli adalah modal utama bagi kita ketika bermain bola voli karena mulai dari teknik servis bola voli, teknik smash bola voli, dan teknik blocking bola voli semua bergantung pada penyesuaian timing itu sendiri.

Posting ini sebagai kelanjutan tentang smash bola voli yang telah kita bahas beberapa waktu lalu. Dengan posting tentang timing smash bola voli ini, saya berharap kemampuan smash atau spike kalian akan lebih dahsyat.

Pada saat bermain bola voli pernahkan kalian melihat pemain bola voli dengan jumping pas-pas an tapi pemain tersebut seperti mempunyai lompatan yang tinggi ? Pasti pernah, ya kan? Fenomena ini tercipta karena pemain bola voli tersebut mempunyai timing bola voli yang bagus.

Yang harus kalian pahami!
Timing bola voli bukanlah tentang bagaimana melompat tinggi tapi timing bola voli adalah tentang bagaimana membuat lompatan kalian selaras dengan jutuhnya bola umpan.
Jadi serendah apapun vertical jump kalian, kalian dapat melakukan smash dengan bagus asalkan mempunyai timing bola voli yang bagus pula.
Lebih jelasnya tentang pengertian timing bola voli lanjutkan membaca ulasan di bawah ini!



Pengertian Timing Bola Voli

Timing sebenarnya merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa inggris yang mempunyai arti waktu. Namun dalam konteks timing bola voli kata timing bukan berarti waktu tapi lebih merujuk kepada ketepatan lompatan. Secara lengkap pengertian timing smash bola voli adalah teknik dalam permainan bola voli yang bertujuan untuk mensinkronisasi lompatan dengan bola umpan dari setter.

Lagi-lagi saya ingin mengatakan:
Timing smash bola voli bukan tentang bagaimana cara melompat tinggi tapi lebih pada tentang kapan kalian melompat.
That's the point!

Banyak orang yang salah kaprah dan berkata dia lompatannya tinggi pasti smashnya bagus! Belum tentu, karena saya juga sering bertemu dengan pemain yang lompatannya sangat tinggi tapi spikenya tidak mantep sama sekali.

Pukulan smash atau spike yang kurang powerful biasanya disebabkan karena perkenaan antara bola dengan telapak tangan kurang pas dan ini kemungkinan besar dipengaruhi karena timing lompatan yang salah.

Menurut saya malah pemain yang mempunyai jumping atau lompatan yang sangat tinggi lebih cenderung kesulitan untuk menyesuaikan timing bola voli. Entah kenapa tapi seringnya saya temui seperti itu.

Kemudian kalian pasti bertanya nah itu Rendy Tamamilang dan Rivan Nurmulki jumpingnya tinggi kok smashnya bagus? Saya tadi kan mengatakan cenderung, jadi bukan berarti setiap orang yang mempunyai jumping tinggi kesulitan menyesuaikan timing.

Itulah bedanya antara pemain bola voli pro dengan pemain bola voli kacangan seperti kita. Tapi bukan tidak mungkin kalian dapat juga menjadi pemain pro dengan latihan fisik maupun teknik bola voli secara rutin.



Cara Menyesuaikan Timing Smash Bola Voli yang Benar

Cara menyesuaikan timing smash bola voli saat melakukan smash sebenarnya gampang-gampang susah. Gampangnya sebenarnya kita sendiri pun tahu bagaimana cara merubahnya, susahnya biasanya timing yang salah disebabkan karena kebiasaan dan itu agak sulit dirubah.

Timing smash bola voli dapat dirubah dengan spike drill, berlatih secara berkelanjutan, dan konsisten agar secara otomatis pengamatan kita terhadap bola umpan dapat terasah dengan baik. Bagaimana cara menyesuaikan timing smash bola voli? simak langkah-langkanya di bawah ini:
  1. Ukur tinggi lompatan kalian secara pasti dengan acuan net bola voli.
  2. Perkirakan bagaimana posisi tangan kalian saat memukul bola dengan mudah, dengan cara mempraktikkannya sambil memegang bola dan bayangkan kira-kira posisi antara kepala, net, dan bola.
  3. Hitung kira-kira tinggi posisi bola tersebut dengan acuan net bola voli.
  4. Setelah langkah 1-3 sudah anda lakukan langkah berikutnya adalah penyesuaian langkah awalan.
  5. Setelah bola lepas dari tangan setter lakukan langkah ringan, jangan langsung menggenjot kecuali untuk bola quick.
  6. Saat posisi jatuh bola serta ketinggian bola sudah dapat diperkirakan baru tambahkan akselerasi pada langkah awalan.
  7. Melompatlah sesuai dengan tinggi bola mudah yang kita ukur sebagaimana langkah 3 tadi di tambahkan waktu yang kalian butuhkan untuk melakukan tolakan. Misalkan posisi bola mudah pukul tingginya 2.6 meter maka tambahkan misalkan 30 cm sebagai tambahan tempo untuk mengambil awalan lompatan.

Setelah kalian melatih timing bola voli sebagaimana 7 langkah di atas saya yakin kalian pasti dapat melakukan smash bola voli yang powerful.

Timing smash bola voli ini tidak serta merta dapat anda latih kapan saja, karena untuk melatih timing kita harus melakukan drill smash atau smash secara terus menerus. Smash bola voli yang berulang-ulang tersebut bertujuan untuk membiasakan pengamatan kita terhadap bola umpan.

Berapa Lama Saya Dapat Menguasai Timing Smash Bola Voli?

Berapa lama seseorang dapat melatih timing smash bola voli? Jawaban untuk pertanyaan ini relatif, karena setiap pemain bola voli mempunyai kemampuan untuk menyerap kebiasaan berbeda-beda. Jika kalian termasuk pemain berbakat dalam waktu 1-2 bulan mungkin teknik timing ini dapat kalian kuasai, tapi ada juga yang 6 bulan, 1 tahun atau bahkan lebih semuanya tergantung bagaimana pemain bola voli tersebut menyerap latihan yang dia lakukan.

Timing smash bola voli sudah selesai kita bahas. Semoga dari penyampaian saya di atas dapat kalian terima dengan baik. Jika ada pertanyaan tentang timing smash bola voli ini dapat kalian tanyakan pada form komentar di bawah ya! Yang jelas selalu latihan rutin adalah kunci agar kalian dapat menguasai timing smash bola voli ini dengan baik.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser