Rivan Nurmulki, Kegigihan Menuntunnya Menjadi Pemain Bola Voli Andalan Indonesia

Pastinya anda semua sudah tak asing lagi dengan profil Rivan Nurmulki. Namun anda akan kaget jika tahu tentang lika-liku Rivan untuk dapat menjadi pemain bola voli handal.

Bersama-sama rekan setimnya di Samator Rendy Tamamilang, tahun lalu memperkuat tim bola voli Indonesia di ajang Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia meskipun harus kandas dengan raihan perak di babak final melawan Thailand dengan skor 1 - 3.

Tahukah kalian bahwasanya Rivan harus berjuang keras untuk dapat mewujudkan cita-citanya hingga sampai seperti sekarang ini.



Source tribunnews.com

Rivan Nurmulki Pemain Bola Voli Jenius yang Berangkat dari Keluarga Kurang Mampu

Rivan Nurmulki bisa kita sebut sebagai seorang pemain bola voli yang jenius. Pada awalnya Rivan tidak begitu menyukai bola voli. Dia mulai menjajaki bola voli sekitar tahun 2012 saat dirinya SMA, bermodalkan tinggi badan dan kekuatan pukulan.

Bayangkan hanya dalam berlatih intens beberapa tahun dia sudah menjadi pemain yang sangat ditakuti dengan spesialisasi Right Side Spiker atau juga biasa disebut dengan Opposite Hitter. Dan cerita terus berlanjut.


Source liputan6.com

Rivan Nurmulki pemain andalan yang dulunya tidak begitu menyukai bola voli, mengisi hari-harinya dengan bermain bola voli di lapangan kampungnya. Pada saat SMA tersebut dia terpilih untuk ikut mewakili tim Merangin dalam Pekan Olahraga Daerah (PORDA) Provinsi Jambi.

Tak jarang ayahnya, Nasrin harus rela menjual ayam untuk biaya Rivan membeli bensin saat itu wara-wiri karena dirinya ikut serta dalam PORDA Provinsi Jambi.

Turnamen demi turnamen terus diikuti oleh Rivan hingga akhirnya pada saat turnamen Kapolda Cup Jambi skill-skill hebatnya menarik perhatian pencari bakat dari klub Samator Surabaya.

Rivan Nurmulki mempunyai tinggi badan 194 cm, dan itu adalah tinggi ideal bagi pemain bola voli Indonesia untuk bisa mengikuti pertandingan internasional.

Mungkin hal itulah yang membuat pencari bakat klub Samator semakin ngebet untuk menggaet Rivan ke dalam timnya. Rivan Nurmulki pun tertarik dan memutuskan untuk hijrah dan mengembangkan karir bola volinya di Samator.


Source bolasport.com

Mimpi Menjadi Polisi Terwujud

Rivan Nurmulki sebenarnya mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang polisi. Ternyata bola volilah yang menuntun langkahnya untuk menggapai cita-cita. Rivan dilantik menjadi polisi bersama dua rekannya Rendy Febriant Tamamilang dan Yuda Mardiansyah Putra pada awal Maret 2017 kemarin.

Dilantiknya Rivan adalah sebagai hadiah atas prestasinya di Samator karena kerjasama yang terjalin antara Samator dengan Kepolisian bahwa pemain Samator yang berprestasi dan memenuhi kriteria akan diangkat menjadi anggota kepolisian.


Source kompas.com

Kemampuan Rivan Nurmulki memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Berbagai prestasi telah ditorehkannya di olahraga bola voli ini, kesemuanya itu didapat atas hasil kerasnya berlatih di klub Samator.

Dari bimbingan pemain senior serta idolanya yaitu Ayip Rizal dia berlatih giat hingga dia menjadi pemain yang diperhitungkan di tingkat internasional.

Berkat kemampuan yang dimilikinya pada Agustus 2017 dia menerima penghargaan sebagai Best Opposite Spiker di kejuaraan bola voli Asian Men's Championship 2017 meskipun saat itu tim bola voli Indonesia yang dia perkuat kalah telak 0 - 3 melawan tim bola voli Jepang.

Kejuaraan bola voli Asia 2017 ini menjadi bukti bahwa kemampuan Rivan patut diperhitungkan oleh setiap lawannya.
Berikut ini adalah biodata lengkap Rivan Nurmulki
BIODATA LENGKAP RIVAN NURMULKI
Nama LengkapRivan Nurmulki
Nama PanggilanRivan
Tempat, Tgl LahirBangko Jambi, 16 Juli 1995
Nama Ayah / Nama IbuNasrin / Ika Nuryati
AgamaIslam
Tinggi Badan / Berat Badan194cm / 78Kg
SpesialisasiAll Round Hitter, Open Spiker
Nomor Punggung12
KlubSurabaya Bhayangkara Samator 2012 - sekarang
Pemain IdolaAyip Rizal
Prestasi Tim
  • Juara Proliga 2014
  • Juara Livoli 2014
  • Runner Up Proliga 2015
  • Runner Up Livoli 2015
  • Juara Proliga 2016
Prestasi Internasional
  • Medali Perak Asean University Games 2014
  • Peringkat 9 Kejuaraan Asia U-23 2015
  • Medali Perunggu SEA Games 2015
  • Peringkat 4 Asian Men's Championship 2017
  • Medali Perak Sea Games 2017 Kuala Lumpur
Prestasi Perorangan
  • Spiker Terbaik Proliga 2016
  • MVP Proliga 2016
  • Best Opposite Spiker Men's Championship 2017
Itulah tadi ulasan singkat tentang profil Rivan Nurmulki pemain bola voli muda Indonesia yang digadang-gadang akan mengharumkan nama Indonesia di ajang bola voli dunia. Mari kita tunggu kisah selanjutnya dari Rivan Nurmulki terutama di ajang Proliga 2018 yang akan memasuki putaran kedua pada awal bulan maret tahun ini.
Terimakasih

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser