Macam - Macam Nama Pemain Bola Voli Berdasarkan Posisi dan Tugasnya (Lengkap)

Untuk kalian yang baru memulai belajar tentang bola voli posting kali ini akan menambah wawasan serta memberi gambaran kepada kalian tentang posisi dan tugas pemain dalam permainan bola voli.

Olahraga permainan bola voli pastinya tidak asing lagi bagi kalian, namun mungkin kalian belum paham tentang bola voli ini secara mendetail.

Olahraga bola voli adalah permainan yang dimainkan secara beregu dengan jumlah pemain 6 orang pada setiap tim.

Setiap pemain menempati posisi tertentu dengan masing-masing tugas yang berbeda pula. Yang mungkin pasti anda tahu adalah spiker dan setter atau tosser karena kedua posisi pemain ini sangat mencolok ketika ditonton.

Peraturan bola voli yang berlaku mengharuskan perputaran pemain sehingga setiap pemain akan berganti posisi sekaligus berganti tugas.

Namun pada pertandingan bola voli yang menerapkan spesialisasi pemain, biasanya di siasati dengan cara kembali ke posisi setelah peluit servis dari wasit.
Kita akan membahas siasat ini nanti sebelumnya mari kita bahas tentang macam-macam pemain bola voli berdasarkan posisinya terlebih dahulu.

Macam-macam Nama Pemain Bola Voli Berdasarkan Posisinya

  1. Server / Right Defender
  2. Middle Defender
  3. Left Defender
  4. Left Spiker / Left Hitter / Left Blocker
  5. Middle Hitter/ Middle Spiker / Middle Blocker / Setter
  6. Right Spiker / Right Hitter / Right Blocker
  7. Libero

Source id.wikipedia.org

Loh, namanya kok banyak sekali? Iya, memang seperti itu, karena beberapa sebutan tersebut didapat berdasarkan tugas mereka pada posisi tersebut.
Untuk lebih jelasnya mari kita lanjut lagi. Penasarankan? Berikut adalah penjelasannya

Pengertian dan Tugas Pemain Bola Voli Berdasarakan Posisinya

1. Server

Server adalah pemain yang bertugas di posisi 1 dan bertugas melakukan servis.

Lanjut ke halaman untuk mempelajari Servis Bola Voli

2.  Right Defender

Right Defender adalah nama lain dari pemain bola voli yang berada di posisi 1. Pemain di posisi 1 juga disebut defender karena selain menjadi server pemain ini juga melakukan pertahanan di area 1.

3.  Middle Defender

Middle Defender adalah pemain yang berada di posisi  2 / posisi tengah dan bertugas menjadi pemain bertahan di posisi 2.

4. Left Defender

Left Defender adalah pemain yang berada di posisi 3 atau sebelah kiri belakang lapangan, pemain ini mempunyai tugas menjadi pemain bertahan pada posisi 3.

Jika anda ingin mempelajari pasing lanjutkan ke halaman tentang Passing Bola Voli ini

5. Left Hitter / Left Spiker

Left hitter / left spiker adalah pemain yang berada di posisi 4. pemain ini mempunyai tugas untuk menyerang dan melakukan spike di area 4.

6. Left Blocker

Left bloker adalah nama lain dari left spiker karena pemain ini mempunyai tugas memblocking spike atau serangan lawan di posisi 4.

7. Middle Hitter / Middle Spiker

Middle  hitter / middle spiker adalah nama pemain yang menempati posisi tengah depan atau posisi 5. Disebut seperti itu karena tugas pemain yang berada di posisi ini adalah melakukan spike di area 5.


Source fivb.com

8. Middle Blocker

Middle Bloker adalah nama lain dari posisi ini karena pemain yang berada di posisi tengah depan juga bertugas untuk melakukan blocking pada posisi tersebut.

9. Setter

Setter atau biasa disebut set-upper ataupun tosser adalah pemain yang berada di tengah namun bertugas memberi uppan kepada hitter atau spiker.

Berdasarkan perkembangan teknik permainan, yang dulunya setiap pemain di posisi 5 harus menjadi setter dapat disiasati penjelasan tentang ini akan kita bahas setelah pembahasan nama dan tugas pemain ini selesai.

10. Right Spiker / Right Hitter

Right spiker atau right hitter adalah pemain yang berada di posisi 6 dan bertugas melakukan serangan atau spike.

Mungkin anda sedang mempelajari tentang smash atau spike? anda bisa kunjungi halaman tentang Smash Bola Voli.

11. Right Blocker

Right blocker adalah nama lain dari right spiker/right hitter karena selain menjadi penyerang tugas pemain ini juga melakukan blocking di area 6.

12. Libero

Libero adalah pemain yang mempunyai tugas hanya sebagai pemain bertahan. Pemain libero tidak boleh melakukan servis dan boleh mengganti pemain belakang kapan saja pada saat bola mati.

Pergantian libero saat permainan berjalan akan dianggap sebagai pelanggaran jumlah pemain dan akan memberi lawan 1 point.

Nah itulah tadi nama-nama pemain bola voli berdasarkan posisi dan tugasnya. Lanjut ke janji saya tadi untuk membahas strategi perputaran pemain.

Strategi Perputaran Pemain Bola Voli

Strategi ini sudah sangat umum dipakai dimana dewasa ini pada bola voli sudah diterapkan spesialisasi dimana seorang pemain bola voli dituntut untuk menguasai posisi sehingga mereka dapat berkonsentrasi untuk melatih kemampuannya pada posisi tersebut.

Sebagai contoh sebut saja Rivan Nurmulki yang mempunyai pukulan istimewa pada posisi right hitter, atau juga Mahfud Nurcahyadi yang menjadi quicker samator.

Begitu juga setter akan tetap menjadi setter dimanapun dia berada. Setter akan berputar menempati posisi sesuai perputaran. Namun setelah server melakukan servis setiap pemain dapat berpindah posisi sesuai dengan spesialisasi masing-masing.

Perpindahan posisi sah-sah saja tapi yang harus diperhatikan perpindahan tersebut harus dilakukan tepat setelah bola dipukul oleh server. Jika perpindahan posisi terjadi sebelum server melakukan servis maka akan dihitung sebagai pelanggaran dan lawan mendapatkan 1 point.

Namun satu hal yang harus diingat bahwa berdasarkan peraturan bola voli pemain belakang tidak boleh melakukan serangan di depan garis serang.

Belum tahu peraturan bola voli terbaru? Baca peraturan bola voli yang berlaku saat ini pada halaman Peraturan Lengkap Bola Voli Terbaru

Bagaimana, sekarang sudah paham kan? Untuk yang masih belum paham bisa bertanya di kolom komentar ya. Jika bisa akan langsung saya jawab, namun jika belum bisa akan saya jadikan PR hingga saya bisa menjawabnya.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser