Smash Bola Voli - Teknik Dasar Bola Voli Lengkap

Melanjutkan beberapa post sebelumnya tentang teknik dasar dalam permainan bola voli, sekarang saatnya kita bahas smash dalam permainan bola voli.
Kata smash dalam permainan bola voli adalah kata yang pertama terlintas dalam benak seorang pemain bola voli terutama pemain fase awal. Seorang pemain bola voli akan cenderung belajar bagaimana cara melakukan smash dengan baik dan melupakan teknik-teknik dasar lain yang lebih penting untuk dipelajari terlebih dahulu.
Sebelum mempelajari tentang smash lebih dalam menurut saya alangkah baiknya mempelajari bagaimana servis dan passing yang benar dahulu. Anda bisa membaca post tentang servis bola voli di Macam Macam Servis Bola Voli dan Pengertiannya ( Lengkap ) atau tentang passing Teknik Dasar Permainan Bola Voli Bagian I: Passing Dalam Permainan Bola Voli. Untuk yang sudah pro dengan kedua hal di atas mari lanjut ke bagian selanjutnya tentang smash bola voli



Pengertian Smash dalam Permainan Bola Voli

Secara umum dalam setiap olahraga permainan dengan 2 bidak seperti halnya bulu tangkis, tenis, tenis meja, maupun bola voli selalu ada istilah smash. Smash dalam setiap permainan tersebut pada dasarnya mempunyai kesamaan yaitu memukul bola dengan keras ke bidak lawan.

Berdasarkan sejarah bola voli, pada awal-awal setelah bola voli diciptakan oleh William G. Morgan teknik smash atau spike ini belum digunakan. Teknik smash bola voli mulai sekitar tahun 1920 barulah teknik smash atau spike ini mulai berkembang pesat.

Namun secara khusus smash bola voli adalah  suatu teknik pukulan yang diawali dengan tolakan dan dilakukan saat posisi badan berada di udara serta dipukul dengan sangat keras dengan tujuan untuk menjatuhkan bola di bidak lawan.
Jadi menurut saya, pukulan bisa disebut sebagai smash bola voli jika seorang pemain memukul bola saat badan diudara dan kaki tidak menyentuh tanah.  Smash bola voli umumnya terjadi pada sentuhan ketiga namun pada kasus tertentu bisa terjadi pada sentuhan kedua biasanya kasus ini terjadi ketika terjadi kemelut di dekat net.
Setiap pemain bola voli mempunyai karakter smash yang bermacam-macam. Secara khusus lagi smash dibagi menjadi beberapa macam yang akan kita bahas selanjutnya. Sebelum membahas tentang bagaimana cara melakukan smash serta macam - macam smash dalam bola voli, kita akan membahas tentang hal-hal apa sajakah yang mempengaruhi smash bola voli.

Hal-hal yang mempengaruhi smash dalam permainan bola voli ada 3 yaitu:

  1. Timing
  2. Lompatan/ jumping
  3. Ketepatan dan kecepatan ayunan tangan

Hal utama yang paling dibutuhkan untuk dapat melakukan smash bola voli dengan sempurna adalah timing.
Mengapa timing yang dibutuhkan untuk melakukan smash bola voli, bukannya jumping yang dibutuhkan?
memang benar lompatan  atau jumping adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan untuk melakukan smash namun sesorang dengan loncatan atau jumping yang tidak terlalu tinggi pun juga dapat melakukan smash dengan bagus. Apa sih timing itu? nah penasaran kan?

Pengertian Timing dalam permainan Bola Voli

Secara harfiah timing berasal dari kata bahasa inggris yang berarti waktu. Namun Timing dalam permainan bola voli mempunyai arti yang lain.
Dalam permainan bola voli timing adalah penyesuaian momentum pemain  bola voli ketika akan melakukan tolakan sehingga ketika lompatan mencapai puncak bola berada pada posisi yang mudah untuk dipukul.
Seseorang yang tidak mempunyai lompatan / jumping yang tinggi dapat melakukan smash sempurna dengan menyesuaikan timing. Bagaimana cara melatih timing smash bola voli yang tepat? untuk dapat menemukan timing yang tepat seorang pemain bola voli harus melatih antisipasi bola dan ini membutuhkan kebiasaan.
Biasanya dibutuhkan waktu yang relatif lama  bagi seseorang untuk dapat menemukan timing yang cocok, namun ada juga beberapa pemain yang memang berbakat dalam waktu yang singkat dapat menemukan timing lompatan yang pas.

Hubungan antara Lompatan dan Smash dalam permainan Bola Voli

Pengertian lompatan dalam arti umum mungkin bisa dilihat di google aja lah hahahaha soalnya banyak kalau ditulis. Disini akan kita fokuskan pada permainan bola voli sajalah.
Lompatan dalam permainan bola voli adalah lompatan yang lebih ditekankan pada lompatan yang mengarah ke atas atau juga biasa disebut dengan vertical jump, Apa hubungan lompatan yang tinggi dengan smash? Semakin tinggi lompatan kemungkinan bola melewati net setelah dipukul akan semakin besar.
Lompatan yang tinggi juga memungkinkan pemain untuk mendapatkan angel pukulan yang sulit untuk diblock lawan. Bagaimana cara melompat tinggi dalam voli? Setiap pemain bola voli dapat meningkatkan tinggi lompatan. Cara meningkatkan tinggi lompatan adalah dengan latihan fisik secara rutin dengan beberapa metode latihan fisik bola voli yang akan kita bahas pada posting berikutnya.

Hubungan Ketepatan dan Kecepatan ayunan tangan dengan smash dalam permainan bola voli

Ketepatan dan kecepatan pukulan pada saat melakukan smash adalah faktor penentu keberhasilan smash dalam permainan bola voli. Mengapa demikian? Jika perkenaan tangan serta kecepatan ayunan tangan  tepat, bola smash dapat melaju dengan keras.
Cara memukul serta posisi telapak tangan saat smash bola volley yang benar adalah telapak tangan memukul bagian atas bola sehingga bola voli akan menukik dengan keras. Jika telapak tangan saat smash bola voli memukul bagian belakang bola kemungkinan besar bola akan melesat keluar lapangan. Umumnya pemain bola voli kelas menengah ke bawah terlambat mengayun tangan sehingga menyebabkan bola smash menyangkut net. Untuk lebih jelasnya nanti juga akan kita bahas masalah umum yang menyebabkan seorang pemain gagal melakukan smash bola voli.

Tahap-tahap Cara Melakukan Smash Bola Voli

Tahap-tahap cara melakukan teknik smash bola voli yang benar dibagi menjadi 4 tahapan. 4 tahap dalam melakukan smash bola voli yaitu: awalan, lompatan, pukulan di udara, dan pendaratan.  Untuk lebih jelasnya berikut adalah urutan untuk melakukan smash bola voli:
  1. Ambil awalan yang pas jangan terlalu jauh dengan net ataupun terlalu dekat dengan net.
  2. Ketika bola sudah  terlepas dari tangan setter atau tosser ambil langkah ringan kecil jangan terlalu digenjot.
  3. Tentukan kemana kira-kira bola akan mengarah, jika sudah terkunci genjot langkah untuk memberi power tumpuan namun tetap perhatikan timing langkah dan lompatan.
  4. Melompatlah ketika bola berada kira-kira 1 meter di atas net sambil mengayun tangan untuk menghindari ayunan tangan yang telat.
  5. Pukul bola dengan perkenaan telapak tangan di bagian atas bola agar bola tidak melesat ke luar lapangan.
  6. Ambil sikap pendaratan yang tepat untuk meminimalisir resiko cidera karena sebagian besar kasus cidera pada pemain bola voli disebabkan karena kesalahan pendaratan smash bola voli.

Macam-macam Teknik Smash Bola Voli

Pada awalnya smash bola voli sangat monoton hanya bola tinggi dan dipukul begitu saja, namun seiring dengan kemajuan olahraga bola voli ini mulai digunakanlah variasi-variasi teknik smash/spike bola voli.
Variasi-variasi smash bola voli ini bertujuan agar seorang spiker mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mencetak point dalam suatu pertandingan.

Macam-macam Teknik Smash Bola Voli Berdasarkan Tinggi Rendahnya Bola Umpan

Smash bola voli dibagi menjadi beberapa macam, berdasarkan tinggi rendahnya bola dibagi menjadi 3 yaitu:
  • Para Ball / Bola Tinggi
    Para ball atau bola tinggi adalah smash bola voli yang bola umpannya tinggi lebih kurang 2 meter - 3 meter di atas net. Teknik smash ini juga biasa disebut Open Spike. Untuk dapat melakukan teknik smash dengan nama lain open spike ini, seorang pemain bola voli harus mempunyai lompatan dan tinggi badan yang memadai karena smash tipe ini bertujuan agar seorang pemain bola voli dapat memukul bola di atas block.
  • Semi Ball / Bola Menegah
    Semi ball atau bola menengah adalah smash bola voli yang umpannya tidak terlalu tinggi antara 1 meter - 2 meter di atas net. Smash bola voli dengan tipe ini lebih mudah namun kemungkinan dapat terblock juga besar, namun jika kita bisa memukul silang ke arah samping kiri atau kanan dengan keras kemungkinan pantulan bola dapat mengarah ke sisi luar arena jika terkena blocking.
  • Quick Ball / Bola Pendek
    Quick ball atau bola pendek adalah smash bola voli yang umpannya sangat rendah. Smash bola voli tipe ini lebih mengandalkan pada kecepatan timing spiker atau pemukul agar pemain lawan terlambat melakukan blocking. Untuk melakukan smash bola voli quick, pemain harus berlari mengikuti bola ke aras setter, bersamaan bola sampai pada setter pemain tersebut melompat untuk dapat memukul bola cepat dari setter.
  • Straight Ball / Bola Potong
  • Sraight ball atau bola potong adalah smash yang bola umpannya rendah namun berada di sisi jauh setter. Smash bola voli ini mempunyai kemiripan dengan quick yang membedakan hanyalah posisi bolanya saja.

Macam - macam Smash Bola Voli Berdasarkan Cara Memukul Bola

Smash bola voli berdasarkan cara memukul bola secara umum dibagi menjadi 3 yaitu:
  • Hard Driven Spike / Pukulan Keras
  • Hard drive spike atau pukulan keras merupakan smash yang mengutamakan kecepatan bola. Bola yang terkena spike tersebut akan melaju kencang sehingga pemain bertahan kesulitan untuk menerima bola spike. Hard driven spike juga akan terpental jauh keluar arena jika terkena blocking. Smash atau spike tipe ini yang paling sulit karena perkenaan antara telapak tangan yang meleset sedikit saja dapat mempengaruhi kecepatan bola, akibatnya bola meluncur lebih lambat.
  • Off Speed Spike / Pukulan Ringan
  • Off speed spike atau pukulan ringan adalah smash bola voli yang lebih mengutamakan pada penempatan bola. Smash tipe ini kurang efektif jika menghadapi pemain bertahan yang bagus karena pemain bertahan akan dapat menerima bola dengan mudah.
  • Dummy / Tip / Feint / Tipuan
  • Dummy atau tip atau feint atau dalam bahasa Indonesia tipuan adalah smash yang bertujuan untuk mengecoh blocker dan menempatkan bola tepat dibelakang bloker. Smash ini bisa sangat efektif jika ketiga pemain depan melakukan blocking yang rapat secara bersama-sama karena kemungkinan ada titik kosong dibagian blocker yang bebas dari pemain bertahan.

Macam - macam Smash Bola Voli Berdasarkan Lompatan Spiker

Smash bola voli berdasarkan cara melompat pemain bola voli dibedakan menjadi 2 yaitu:
  • Double Step Spike
  • Double step spike adalah smash bola voli yang pemainnya seperti melakukan 2 kali lompatan namun sebenarnya lompatan pertama adalah tipuan untuk mengecoh block lawan. Teknik smash bola voli ini sangat efektif digunakan untuk jika menghadapi pemain bola voli kelas menengah ke bawah. Untuk dapat melancarkan smash tipe ini seorang pemain bola voli harus mempunyai explosive jumping. Explosive jumping dapat dihasilkan jika seseorang mempunyai tolakan yang powerful dan untuk diperlukan latihan yang rutin.
  • Standing Spike
  • Standing spike adalah smas bola voli yang dilakukan dengan meloncat pada tempat bola jatuh. Pada dasarnya semua smash dapat digolongkan ke dalam standing spike namun secara khusus standing spike lebih mengarah pada smash yang ketika memukul pemain tersebut tidak mengambil awalan seperti halnya Si Raja Tarkam Ramli Gebot.

Macam - macam Smash Bola Voli Berdasarkan Posisi Spiker

Jika smash bola voli kita golongkan lagi berdasarkan posisi spikernya maka smash bola voli dibagi menjadi 2 yaitu:
  • Front Row Spike
  • Front row spike adalah smash yang dilakukan oleh pemain serang yang memang berada di posisi depan. Jadi semua tipe smash bola voli di atas tergolong smash ini jika di eksekusi oleh pemain depan.
  • Back Row Spike
  • Back row spike adalah kebalikan dari front row spike yaitu smash bola voli yang dilakukan oleh pemain belakang. Smash model ini lebih susah karena dalam peraturan bola voli pemain belakang (selain pemain libero) awalan pijakan loncatannya tidak boleh menyentuh garis serang.Smash / spike ini biasa juga disebut dengan smash bola voli 3 meter karena awalan loncatannya di belakang garis serang yang jika diukur dari net berjarak 3 meter. Smash ini relatif lebih susah, kenapa? karena smash tipe ini benar-benar mengandalkan intuisi pemain bola voli untuk mencerna bola. Smash front row lebih mudah karena ada acuan net sebagai pengukur timing, namun smash 3 meter ini seorang pemain harus bisa cermat menentukan kapan saat melompat yang tepat.
Itulah tadi pembahasan kali ini tentang teknik dasar smash bola voli silahkan beri komentar anda tentang smash bola voli ini. Atau anda juga memberi suggestion tentang apa yang akan kita bahas pada posting berikutnya di kolom komentar di bawah ini. Silahkan juga share artikel ini siapa tahu ada sahabat atau kerabat yang membutuhkan tentang artikel smash bola voli. Tunjukkan Smash Bola Voli Terkerasmu

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser