Passing Bola Voli - Teknik Dasar Bola Voli Lengkap

Pada post sebelumnya sempat kita singgung tentang Macam Macam Servis Bola Voli dan Pengertiannya (Bagian I) serta Macam Macam Servis Bola Voli dan Pengertiannya (Bagian II. Kedua bahasan itu seharusnya masuk ke sini namun karena terlanjur kemarin yang kita masukkan ke dalam teknik dasar nantinya adalah Passing, Smash, serta Blocking.

Pengertian Passing Secara Umum

Istilah passing berasal dari bahasa inggris yang dalam bahasa indonesia berarti operan. Istilah passing juga ada dalam permainan lain seperti bola basket, sepak bola, ataupun permainan berregu lain dengan menggunakan bola. Pada dasarnya pengertian passing bola voli dengan bola basket ataupun sepak bola mempunyai tujuan yang sama.

Lebih jelasnya pengertian passing dalam permainan bola voli adalah suatu teknik dasar dalam permainan bola voli dalam menerima bola untuk dioper atau diteruskan kepada teman dalam satu tim.
Jadi jika dalam suatu permainan bola voli seorang pemain menerima bola dengan tindakan pasing ini namun bertujuan untuk menempatkan atau memasukkan bola ke wilayah lawan menurut saya dan berdasarkan dari beberapa referensi tindakan seperti ini tidak bisa disebut sebagai passing namun digolongkan sebagai serangan.
Kemampuan passing pemain dalam suatu tim sangat mempengaruhi jalannya suatu permainan bola voli karena suatu serangan yang mematikan dapat tercipta dari passing yang sempurna.

Macam-macam Passing dan Pengertian-pengertiannya

Secara umum passing dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:

  1. Pengertian Passing bawah
  2. Passing bawah adalah passing dalam permainan bola voli yang dilakukan dengan menerima bola saat berada lebih rendah dari kepala dengan posisi atau kuda-kuda yang umumnya digunakan oleh para pemain bola voli. Passing bawah dalam bahasa inggris biasa disebut dengan forearm pass, ataupun bump pass, dan dig. Sebutan dalam bahasa inggris itu sebenarnya hanya untuk menggolongkan passing berdasarkan tujuannya. Bump pass dalam permainan bola voli adalah passing bawah yang bertujuan untuk menerima servis dari lawan, sedangkan dig dalam permainan bola voli adalah passing bawah yang bertujuan untuk menerima serangan lawan.

  3. Pengertian Passing atas
  4. Passing atas adalah passing dalam permainan bola voli yang dilakukan dengan menerima bola ketika bola di atas kepala dengan menggunakan posisi atau kuda-kuda yang umumnya digunakan oleh para pemain bola voli.

    Passing atas dalam bahasa inggris biasa disebut dengan overhand pass atau set pass. Seperti halnya passing bawah sebutan set pass ini sebenarnya adalah passing atas yang lebih dikhususkan untuk umpan ke spiker namun pada dasarnya cara passingnya sama dengan passing atas biasa pada umumnya.

Perbedaan Passing Bawah dan Passing Atas

Berdasarkan dari pengertian di atas sudah dapat kita simpulkan bahwa perbedaan kedua teknik passing ini sangat mencolok. Perbedaan passing atas dan passing bawah adalah "Passing atas menerima bola ketika bola berada di atas kepala sedangkan passing bawah menerima bola ketika bola berada di posisi lebih rendah dari kepala". Bagaimana? sudah pahamkan? Setelah paham tentang pengertiannya mari kita langsung praktik tentang bagaimana cara melakukan passing atas dan passing bawah.

Cara Melakukan Passing

Saya yakin kita semua sudah sering melihat passing bawah secara mendetail, silahkan ditambahkan dikolom komentar jika ada yang terlewat agar para pemula dapat lebih mudah mempelajari passing bawah ini. Berikut adalah step by step cara untuk melakukan passing bawah dan passing atas:

Cara Melakukan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli

  1. Pastikan posisi kaki tidak sejajar untuk memudahkan ketika perkiraan jatuh bola tidak sesuai dengan harapan kita dapat segera mengejarnya.
  2. Lutut sedikit ditekuk untuk memberikan tambahan keleluasaan gerak ketika bola sampai di dekat kita.
  3. Punggung agak membungkuk ke arah depan.
  4. Satukan tangan untuk memantulkan bola ke teman dalam satu tim. Nah sampai di sini kita akan masuk lagi karena ada 2 tipe yang umum digunakan pada passing bawah yaitu:
    • Tipe tangan mengepal
    • Tipe passing ini dalam bahasa inggris biasa disebut Ball Methode. Passing bawah dengan tipe tangan seperti ini lebih sering digunakan oleh para pemain bola voli. Untuk melakukan passing bawah dengan tipe ini dapat dilakukan dengan membetuk tangan sesuai gambar di bawah ini.
    • Tipe menggenggam ibu jari
    • Dalam bahasa inggris tipe ini disebut dengan Cup Methode karena tipe ini terlihat seperti memegang cangkir. Tipe ini lebih jarang digunakan namun tentunya ada juga pemain yang menggunakan passing dengan cup methode ini. Untuk melakukan passing dengan tipe ini dapat dilakukan dengan kedua tangan lurus dan salah satu tangan menarik ibu jari ke arah depan seperti gambar di bawah ini.
  5. Pastikan bola tepat berada di depan badan.
  6. Ketika tangan akan mengenai bola badan sedikit diangkat, sensasinya seperti mengangkat bola dengan lengan kita.
  7. Pantulkan bola tepat di sweet spot yaitu antara pergelangan tangan dan siku.
  8. Usahakan untuk tidak melakukan gerakan besar yang dapat merubah posisi awal ketika melakukan sentuhan bola.

Cara Melakukan Passing Atas dalam Permainan Bola Voli

  1. Pastikan bola yang meluncur akan diterima sampai di atas kepala kita.
  2. Posisi kaki tidak sejajar dengan kaki yang dominan di depan atau dibelakang sesuai selera masing-masing pemain bola voli.
  3. Lutut agak ditekuk.
  4. Punggung lurus.
  5. Pandangan ke atas lurus ke arah bola dan posisi tangan ke atas dengan siku yang agak ditekuk.
  6. Tangan terbuka dengan dengan jari-jari renggang serta kedua jari telunjuk dan jari jempol seperti membentuk segitiga hingga kedua tangan membentuk seperti mangkok di atas dahi.
  7. Pantulkan bola dengan disertai meluruskan lutut hingga tumit terangkat untuk memberi momentum pada pergerakan bola.

Kesalahan umum yang sering terjadi saat melakukan passing atas ataupun passing bawah dalam permainan bola voli:

  1. Kesalahan umum yang terjadi saat melakukan passing bawah:
    • Pengamatan dan perkiraaan terhadap arah dan jatuhnya bola salah sehingga bola tidak memantul pada sweet spot dengan tepat.
    • Kaki tidak sejajar sehingga ketika bola sampai pemain lambat dalam melakukan perubahan posisi.
    • Pemain melakukan gerakan yang dapat membuyarkan kuda-kuda atau posisi awal passing bawah. Kesalahan ini biasanya terjadi ketika pemain kurang konsentrasi akibatnya bola akan memantul liar tidak sesuai dengan tujuan arah bola yang diinginkan oleh pemain.
    • Posisi bola terlalu disamping badan akibat dari kesalahan point 1 sehingga pantulan bola tidak sempurna.

  2. Kesalahan umum saat melakukan passing atas:
    • Bola terlalu lama menempel. Kesalahan ini dianggap sebagai pelanggaran double karena bola terlihat seperti dipegang dan tidak memantul.
    • Penerimaan bola terlalu lurus di atas kepala berakibat pantulan bola hanya tinggi ke atas tidak ke arah depan.
    • Menerima bola dengan posisi melompat.
    • Kurang cepat melakukan penyesuaian posisi.
    • Jari terlalu renggang sehingga bola tergelincir menembus kedua telapak tangan karena kekuatan untuk menahan bola menjadi berkurang.

Pembahasan Umum Tentang Passing Dalam Permainan Bola Voli

  1. Bagaimanakah cara menilai passing dalam permainan bola voli benar atau salah?
    • Passing yang benar adalah passing yang dilakukan sesuai karakter pemain serta bola dari hasil pasing tersebut mengarah sesuai keinginan pemain bola voli yang melakukan passing tersebut
  2. Passing apakah yang tepat untuk digunakan ketika menerima servis dalam permainan bola voli?
    • Dalam Permainan kelas menengah ke bawah sering kali kita jumpai pemain yang menerima bola servis dengan passing atas. Menerima servis dengan passing atas sebenarnya itu adalah suatu kesalahan karena biasanya bola servis meluncur dengan keras sehingga kemungkinan cidera sangat besar mengingat perkenaan bola pada saat melakukan passing atas lebih bertumpu pada jari-jari tangan.
  3. Lebih bagus manakah passing bawah tipe passing ball methode atau cup methode?
    • Untuk menjawab pertanyaan itu kembali lagi kepada pemain itu sendiri karena pada dasarnya kedua tipe ini sama-sama bagus namun kenyamanan setiap pemain bola voli berbeda-beda.
  4. Bagaimanakah cara agar saat passing tidak terkena kepala?
    • Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling sering kita temui dalam hal passing. Kasus terkena kepala saat melakukan passing terjadi karena pandangan pemain tidak ke arah bola. Selalu ikuti pergerakan bola karena biasanya pemain kelas menengah ke bawah lebih melihat bagaimana blocker, bagaimana spiker, atau bagaimana setter mengarahkan bola. Saya berani menjamin ketika pandangan anda selalu ke arah bola anda tidak akan pernah terkena kepala saat melakukan passing.
Itulah tadi pembahasan kita tentang teknik dasar volleyball yang berhungan dengan passing. Semoga artikel ini dapat membantu anda semua terutama para pemula untuk dapat menguasai passing atas maupun passing bawah dengan lebih sempurna. Share artikel ini siapa tahu ada teman anda yang ingin membuat makalah tentang passing bola voli sehingga artikel ini dapat menjadi referensi tambahan untuk mereka.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser