Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia dan di Indonesia


Sejarah Permainan Bola Voli

Sejarah bola voli tidak bisa lepas dari bagaimana olahraga permainan satu ini berkembang dan menjangkiti kita semua. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan permainan Bola Voli atau dalam bahasa inggris biasa disebut Volleyball. Siapakah pencipta permainan bola voli? Inilah hal pertama yang mungkin menjadi

pertanyaan bagi sebagian besar pemain bola voli. Banyak pemain bola voli yang sering memainkan ini namun belum tahu bagaimana sejarah bola voli secara pasti. Olahraga permainan bola voli bukan diciptakan oleh Bapak Bola Voli atau Bapak Volleyball, karena biasanya nama sesuatu merujuk kepada nama penemu atau penciptanya.

Siapa nama penemu permainan bola voli sebenarnya? berikut adalah penjelasan tentang sejarah dan asal usul bola voli yang wajib kamu ketahui sebelum kamu menjadi pemain bola voli profesional.

Untuk memudahkan navigasi berikut adalah daftar isi dari halaman tentang sejarah bola voli ini
Contents

Sejarah Penemuan Permainan Bola Voli oleh William G. Morgan

History penemuan permainan Bola Voli berawal pada tahun  1870 di Lockport, New York tempat kelahiran pencipta bola voli William G. Morgan. Morgan kecil mempunyai keseharian bersekolah dan membantu sang ayah adalah seorang anak yang lincah.



Pada tahun 1891 Morgan masuk Mt. Hermon Preparatory School di Northfield, Massachusetts, dan di sanalah dia mulai menjalin persahabatan dengan James A. Naismith yang kelak menciptakan olahraga permainan bola basket.Inilah nantinya yang membuat permainan bola voli sangat berhubungan erat dengan sejarah penciptaan permainan bola basket.



Berdasarkan saran dari James A. Naismith, Morgan melanjutkan sekolahnya di the International Young Men's Christian Association Training School (YMCA) di Springfield, Massachusetts (sekarang berganti nama menjadi Springfield College).

Setelah lulus sekolah dia dipercaya untuk menjabat sebagai kepala bagian pendidikan jasmani di YMCA di Holyoke, Mass. YMCA adalah organisasi internasional yang didirikan untuk menjadi wadah penyebaran ajaran-ajaran utama umat Agama Kristen kepada para pemuda. Dan begitulah sejarah permainan bola voli terus berlanjut.

Tahukah kalian bahwa bola voli diadopsi dari 4 permaian? Bola voli tercipta dari inisiatif Morgan, beliau berpikir olahraga apa yang dapat mengolahragakan tubuh tetapi tidak terlalu kontak fisik dan agresif.

Setelah berpikir beberapa lama akhirnya sang pencipta bola voli William G. Morgan mencoba mengadopsi bola dari permainan bola basket, net dari olahraga tenis, penggunaan tangan dan oper bola dari permainan bola tagan, serta konsep inning dari baseball.

Sebelum menggunakan sistem seperti sekarang ini, bola voli dulunya menerapkan sistem inning.



Perubahan Mintonette menjadi Volleyball / Bola Voli

Dalam history dan perkembangannya awal mula nama Mintonette menjadi Volleyball adalah pada saat demonstrasi pertandingan bola voli pertama dipertunjukkan di International YMCA Training School sekitar tahun 1896. Pada saat itulah bola voli diperkenalkan oleh pertama kali William G. Morgan sehingga bisa dikenal luas hingga sekarang ini. Beliau mendemonstrasikan olahraga tersebut di stadion kampus yang baru saja dibangun.

Dalam demonstrasi pertamanya itu, peraturan yang diterapkan tidak seperti peraturan permainan bola voli seperti sekarang ini bahkan saat itu belum ada smash bola voli atau spike seperti sekarang ini. Peraturan permainan Bola Voli / Mintonette pada saat itu masih sangat sederhana.

Mulai saat itulah Mintonette berubah menjadi Volleyball namun tak selang lama pada suatu konferensi seorang profesor dari Universitas Springfield yang bernama Dr. Alfred Halstead mengusulkan perubahan nama Mintonette menjadi Volleyball dan akhirnya disetujui oleh peserta konferensi tersebut.


Sejarah Peraturan Bola Voli

Peraturan bola voli terus berubah-ubah seiring kemajuan teknik-tekni dalam permainan ini. Pada awalnya permainan ini dimainkan di lapangan bola voli yang berukuran lebih sempit dari sekarang ini yakni berukuran 7,62 m x 15,24 m.

Jumlah pemain dalam suatu pertandingan tidak terbatas dan jumlah sentuhan pun juga tidak terbatas. Net yang digunakan berukuran 1,8452 cm sehingga dulu bola voli terkesan menjadi permainan yang sangat ramai.

Dahulu permainan bola voli dilangsungkan dalam 9 inning. Masing-masing inning terdiri dari 3 kali servis, yang apabila servis tidak melewati net dapat diteruskan oleh teman satu tim untuk diteruskan ke lapangan lawan.



Sejarah Perkembangan Bola Voli di Dunia

Perkembangan bola voli semakin pesat pada awal tahun 1900 an dimana Kanada adalah negara pertama yang mengadopsi olahraga ini kemudian disusul Filipina, Jepang, China, India, Meksiko negara-negara di Amerika Selatan, negara-negara Eropa, dan Afrika.

Bola voli sampai di negara-negara eropa karena ditularkan oleh tentara Amerika Serikat yang bertempur di Perancis pada saat perang dunia pertama atau tepatnya sekitar tahun 1915.


Sejarah permainan bola voli kian-kian berkembang hingga menjalar sampai eropa utara, dan akhirnya muncul ide bola voli indoor untuk menghindari musim dingin di Eropa hingga sistem indoor kian marak digunakan. Kala itu belum ada standar pasti peraturan bola voli yang digunakan.

Berdasarkan catatan yang dirilis pada tahun 1916 di Amerika Serikat oleh Spalding, produsen bola yang paling terkenal kala itu disebutkan bahwa permainan bola voli telah dimainkan oleh 200.000 orang yang tersebar di sekolah-sekolah milik organisasi YMCA. Akhirnya pada tahun 1916 YMCA mengeluarkan peraturan resmi untuk mengatur pertandingan bola voli.




Sejarah Perkembangan Peraturan Permainan Bola Voli di Dunia

Peraturan bola voli berangsur-angsur berubah berdasarkan penyesuaian penyesuaian yang diperlukan seiring dengan penemuan teknik bola voli yang terus berkembang. Berikut adalah timeline sejarah perubahan-perubahan peraturan bola voli pada tahun 1900an:

  • Standar bola voli yang digunakan mulai ditetapkan pada tahun 1900
  • Pada tahun 1916 peraturan bola voli dirombak besar besaran dimana mulai diperkenalkan sistem pertandingan yang sudah mirip seperti sekarang ini yaitu pertandingan menggunakan sistem skor 15 point. Pada tahun 1916 ini juga diperkenalkan aturan satu sentuhan, tidak bolah memegang bola, dan penggunaan kaki untuk menerima bola, ditambahkan juga pengubahan tinggi net menjadi 243,8 cm.
  • Pada tahun 1920 mulai diperkenalkan sistem set-upper dan smash atau spike saat digelar suatu pertandingan besar di Filipina yang membuat permainan ini semakin indah hingga cara bermain bola voli sistem ini berkembang sampai sekarang.

Permainan Bola Voli semakin berkembang di eropa hingga pada tahun 1947 dibentuklah Fédération Internationale de Volleyball (FIVB). FIVB dibentuk untuk mempromosikan permainan Bola Voli, menyelaraskan peraturan Bola Voli, serta menyelenggarakan kompetisi internasional.

Perubahan besar peraturan permainan Bola Voli terjadi pada tahun 1998 dimana pada tahun tersebut mulai diperkenalkan Rally Point System, pemain Libero, aturan let ball in play, dan beberapa peraturan permainan baru yang membuat permainan Bola Voli menjadi lebih menarik.

Baca juga artikel tentang peraturan bola voli di Peraturan Permainan Bola Voli Internasional Lengkap dan Terbaru




Sejarah Perkembangan Permainan Bola Voli di Indonesia

Bagaimana history / sejarah permainan bola voli bisa masuk di Indonesia? Sejarah bola voli di Indonesia berawal ketika penjajahan Belanda sekitar tahun 1928. Permainan Bola Voli /  Volleyball pada awalnya hanya dimainkan oleh orang-orang Belanda dan para bangsawan saja.

Tentara Belanda lah yang berperan besar dalam penyebaran olahraga bola voli di Indonesia karena mereka sering bermain bola voli di asrama dan dilapangan terbuka saat mereka menjajah Indonesia.

Permainan bola voli dapat berkembang pesat di Indonesia karena bola voli adalah olahraga yang murah meriah hanya butuh satu bola dan net ala kadarnya untuk memainkan olahraga ini.

Semakin pesatnya  Permainan Bola Voli berkembang di Indonesia setelah kemerdekaan memunculkan klub-klub yang menjadi wadah atlit-atlit bola voli muda berbakat.
Hingga akhirnya pada tanggal 22 Januari 1955, didirikanlah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) di Jakarta yang menjadi wadah bagi olahraga Bola Voli Indonesia. Olahraga bola voli sendiri mulai dipertandingkan resmi pada tahun 1951 saat digelar PON ke II di Jakarta.


PBVSI menjadi organisasi olahraga bola voli di Indonesia yang membawa tim Indonesia memeriahkan Asian Games IV 1962 dan Ganefo I 1963 di Jakarta.

PBVSI saat ini juga aktif menggelara turnamen bola voli tahunan dalam negeri dengan tajuk Proliga dan yang menjadi peserta adalah klub bola voli raksasa di Indonesia seperti Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Pertamina Energi, dan lain sebagainya.




Itulah tadi pembahasan tentang sejarah bola voli di dunia dan di Indonesia. Semoga postingan tentang sejarah bola voli ini dapat bermanfaat. Jangan lupa like and share ya siapa tahu teman, saudara, atau kerabat anda ada yang membutuhkan artikel seperti ini untuk mengerjakan makalah tentang sejarah bola voli.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Oldest Post
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser
Oldest Post